Senin, 14 Maret 2016

lso ikadiksi ft untirta

"ARTI KEBERSAMAAN DALAM ORGANISASI"
Kata "Kebersamaan" terasa begitu familiar di telinga kita, khususnya bagi mereka yg tergabung dlm sebuah organisasi. Tapi terkadang individu di dlm organisasi tsb tdk tahu ato bahkn melalaikan arti makna dari kebersamaan. Mengapa rasa kebersamaan begitu penting dlm sebuah organisasi? Kata "Kebersamaan" memiliki makna sebuah ikatan yg trbentuk krn rasa kekeluargaan/persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama ato hub. profesional biasa.
Kebersamaan memiliki 4 unsur yg harus diciptakan dan dijaga oleh setiap individu yg tergabung didlmnya:
1. Sehati & Sepikir (Satu Visi)
Dlm sebuah organisasi akan terdpt bnyk orang yg memiliki pendapat berbeda. Satu kepala satu ide, seribu kepala seribu ide. Namun jika ingin membuat organisasi kita kuat dan solid, maka selayaknya kepentingan bersama lebih diutamakan dari kepentingan pribadi. Tinggalkan perbedaan dan galang persamaan, akan mengantar organisasi kita dpt berjalan dg lancar.
2. Tidak Egois
Sudah bukan rahasia lagi jika manusia itu adl "makhluk egois". Apapn yg tdk memiliki nilai tambah buat dirinya, kebanyakan tdk akan ada partisipasi yg dikeluarkan, bahkan dianggap tdk penting. Jika sifat ini ada dlm sebuah organisasi, bisa dipastikan organisasi tsb hanya punya program tapi tdk ada kegiatan. Tdk ada yg mempelopori, krn semua menganggap apa yg mereka lakukan tdk ada imbal baliknya. Jika ingin memiliki organisasi yang solid, maka kita mulai utk belajar menurunkan Ego demi kepentingan bersama.
3. Kerendahan Hati
Organisasi akan memiliki anggota yg hegemoni (campuran). Terkadang ada sebagian anggota yg terlibat tdk memiliki keahlian dan pengalaman khusus, modal mereka hanya sekedar kerelaan demi memberikan sumbangsih. Maka selayaknya anggota yg memiliki usia lebih tua, pengalaman lebih matang, keahlian lebih tinggi, kondisi finansial lebih beruntung, utk menekan rasa sombong dlm diri dan rela bekerja sama (sambil menuntun) dg anggota lainnya. Kerendahan hati akan menghindarkan kita dari rasa benci, iri hati dan timbulnya kelompok yang terkotak-kotak.
4. Kerelaan Berkorban.
Setiap individu dlm sebuah organisasi, akan memiliki sumbangsih yg bisa berbeda-beda. Ada yg menyumbangkan dana, pikiran, fasilitas, tenaga ato waktu. yg punya finansial lebih menyumbangkan dana utk transportasi dan konsumsi, sementara yg memiliki waktu menyumbangkan tenaga dan waktunya utk melaksanakan tugas. Perbedaan sumbangsih jgn sampai membuat gesekan negatif yg bisa berdampak pada perpecahan. Jika ingin bekerja bersama-sama, maka siapkan kerelaan utk mau berkorban dan jgn pernah itung-itungan.
Jika setiap individu dlm sebuah organisasi memahami dan terus belajar utk memenuhi 4 unsur diatas, maka lambat laun organisasi yang dikembangkan akan menjadi semakin kuat dan solid di kemudian hari. Kesadaran diri untuk menjadi insan yang lebih baik dan terus bertumbuh, akan sangat membantu proses perubahan diri

Tidak ada komentar: